Saturday, July 22, 2017

Jadwal dan Trayek Damri Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng

Salah satu permasalahan utama bagi yang suka bepergian naik pesawat ke atau dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten adalah akses yang cukup sulit karena lokasinya yang jauh.

Tidak ada yang menjemput tapi mau naik taksi mahal? Salah satu solusinya adalah menggunakan DAMRI!

  • Armadanya banyak, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama.
  • Harga tiket sudah pasti, dengan membeli di loket.
  • Murah.
Bulan Juli 2017 aku naik pesawat dari Solo ke Jakarta naik Sriwijaya Air dan mendarat di Terminal 2. Sebenarnya aku mau ke ICE BSD, tapi karena aku sampai CGK jam 8.30 sedangkan janjian di ICE BSD jam 2 siang, akhirnya aku memutuskan untuk main dulu ke Jakarta, tepatnya ke Mall Grand Indonesia.

Karena sangat tidak mungkin aku naik taksi langsung ke GI hahaha akhirnya aku memilih untuk naik DAMRI ke Gambir.

Gimana caranya kalau mau naik bus DAMRI di Bandara?
Kalau di Terminal 2, setelah keluar dari pintu terminal, belok ke kiri dan luruuus terus hingga ujung terminal. Nanti di ujung terminal 2 akan ada Terminal Bus dengan atap melengkung dan ada sekitar 3 jalur untuk bus yang akan menaikkan penumpang.
Terminal Bus di Bandara Soekarno-Hatta
Selain bus, di sini juga adalah tempat jika mau naik shuttle lain seperti Xtrans dll. Di sini tempatnya rapi, banyak tempat duduk, dan jika mau beli tiket langsung ke loket bus/shuttle terkait.
Harga dan Trayek Bus Damri Bandara (Source: Perum Damri)
Setiap ada bus yang datang, akan ada pengumuman yang pasti terdengar (kenceng banget soalnya) dan juga akan ada petugas berseragam yang membantu supaya tidak salah naik bus.

Setelah menunggu sekitar 10-15 menit, pengumuman bahwa bus jurusan Stasiun Gambir pun terdengar. Aku kaget juga sih ternyata bus untuk jurusan Stasiun Gambir ini sangat bagus! (Gak sempet foto :( pokoknya busnya bagus banget seperti bus PERSIB)

Busnya keluaran baru yang besar banget dan di depannya ada LED dengan tulisan "GAMBIR" yang sangat jelas terlihat. Tapi tidak semua bus memiliki kualitas seperti ini, beberapa jurusan masih menggunakan bus yang biasa aja.

Yang perlu diingat adalah, bus ini tidak berhenti lama-lama. Hanya datang, buka pintu, penumpang naik, dan pergi lagi. 

Fasilitas di dalamnya pun kursi penumpang yang sangat nyaman, colokan di tiap baris bangku, wifi.


Untuk lama perjalanan, aku berangkat dari Terminal 2 pukul 08.45 pagi dan sampai di Gambir pukul 10.05 dengan keadaan jalan yang padat dari mulai Slipi Jaya hingga sampai di Gambir. Selain itu, setelah keluar dari Terminal 2, bus mengambil penumpang dahulu ke Terminal 3.

Kalau tidak diburu waktu dan mau berhemat, DAMRI ini bisa banget dijadikan alternatif akses ke atau dari Bandara Soekarno-Hatta.

No comments:

Post a Comment