Wednesday, January 23, 2019

BLACKPINK in Your Area Jakarta 2019 ICE BSD Hall 5 - 6

Tahun ini jadi tahun terbanyak aku dateng ke acara KPOP. Mulai Januari 2018 Fan Meeting Wannaone, November 2018 konser iKON, Januari 2019 konser Blackpink. Padahal, dulu aku berjanji sama diri sendiri kalau cuma bakal dateng kalo ke konser CNBLUE aja 😂

- - - Ticketing - - -

Konser kali ini dipromotori oleh IME Indonesia yang bekerjasama dengan tiket.com untuk ticketingnya. Beberapa hari sebelum ticketing dibuka, tiket.com konferensi pers yang bilang (jiga nu heeh) kalau tim IT standby dan diusahakan supaya sistem tidak down.  Tapi pas tanggal 7 Desember 2019 jam 14.00, tetep aja webnya down. Web down kayaknya sekitar satu jam lebih, tapi mau gak mau harus ditungguin terus kan. Ngabisin waktu sih emang beli tiket gini tuh.

Aku dari awal emang udah ingin banget nonton di kategori seating, apapun pokoknya seating. Ternyata, untuk seating ini kursinya bisa milih saat pembelian. Kebayang dong deg-degan dan rebutan kursinya kaya apa. Khusus untuk kategori seating, hanya bisa dibeli via website untuk memilih nomor kursi. Kalau kategori standing bisa dibeli di aplikasi.
Seat Plan. Kursi saya kira-kira ada di posisi bintang.

Pas web tiba-tiba bener, aku langsung cepet banget milih nomor kursi untuk Kategori Bronze Left. BERUNTUNGNYA, pas aku beli row paling depan baru terisi beberapa dan aku dapet row paling depan di kategori itu 😭😭😭

Tapi bete habis itu diumumin konser bakal 2 hari, dan hari tambahannya Hari Sabtu. Tau gitu kan aku nonton yang Sabtu aja huhu. Tapi gak apa-apa sih bersyukur dapet tiket juga hehe.

Untuk seluruh kategori seating, per satu kotak kecil di seat plan atas itu isinya 6 row dan 20 kursi. Kemarin saya kebagian di kursi nomor G24 dan G25 (tanda bintang). Pas liat seatplan ini, keliatannya jauh banget kan dari Bronze Left ke Stage? Aku udah pasrah pokoknya kalau emang kejauhan dan gak keliatan.

Tapi...

Lanjut aja baca ya

- - - HARI - H - - -

Penukaran tiket sebenarnya sudah dibuka dari beberapa hari sebelum konser dimulai. Tapi karena rumahku di Bandung dan gak ada urusan ke BSD, jadi aku dateng baru di Hari-H (Minggu, 20.02.19). Aku berangkat dari Bandung jam 6.30 naik kereta Argo Parahyangan. Nyampe stasiun Jatinegara jam 09.28 dan lanjut naik KRL.

Tapi hari itu lagi sial banget. KRL yang aku naikin mogok di antara st. tanah abang dan st. palmerah, mana nunggu kereta pas transitnya lama banget. Bener-bener deh keretanya berhenti karena ada sistem listrik yang rusak. Gerbongnya mati, AC mati, lampu mati. Panas banget dan capek nungguin hampir sejam gak beres beres. Untungnya, di KRL itu banyak juga orang-orang yang mau ke ICE buat nonton Blackpink. Akhirnya setelah jbjb aku ngelanjutin perjalanan naik grab dari deket tanah abang ke ICE, berenam sama yang lain. Lumayan jadi hemat. Tapi tetep rugi sih 😭

Aku sampe ke ICE sekitar jam 12.30 dan langsung ke loket buat nuker tiket. TICKETBOXNYA KOSONG MELOMPONG.
Jadi kata aku sih kalau males antri, mending nuker tiket agak siangan, karena sama sekali gak antri.
Gate buat ke holding area sebenernya udah dibuka dari jam 10.00, tapi kalau udah masuk gak bisa keluar lagi. Jadi karena aku mah males ngapain di dalem ya, jadi aku santai goler dulu di Santika terus makan siang ke AEON.

Aku baru masuk dari main gate sekitar jam 16.30, masuk ke holding area, dan aku syok.

Karena holding areanya pake 2 Hall! Besarrr banget. Terus biasanya, backdrop cuma satu kan. Ini ada 3! (tapi aku lupa foto). Terus ada beberapa sponsor yang buka stand promosi dan menyediakan tempat untuk foto
Holding area untuk antrian pake 1 hall sendiri
Holding area untuk penjual makanan minuman dan stand sponsor
Salah satu sisi backdrop. Backdrop ada 3 sisi yang membentuk segitiga dan
ketiga sisi punya gambar yang berbeda
Karena foto di backdrop adalah sebuah kewajiban, jadi aku antri di salah satu sisi dan ya cukup lama buat antri sekitar 20 menitan. Setelah foto dan sedikit lihat-lihat holding area, sekitar jam 17.30 aku masuk ke Concert Hall. 

Karena aku di kategori seating, jadi santai banget mau masuk kapan aja hahaha ya tapi jangan pas udah mulai juga sih.

Masuk dulu yaaa 💗
Saat tuker tiket, akan dikasih tiket fisik dan wristband.

Pas masuk, aku kembali syok

AKU BARU TAU KALO PAKE 2 HALL

Aku yang gak ngeh pas pengumuman apa gimana, karena aku gak ngerasa ada pengumuman yang bilang kalau konsernya 2 hall. Selama ini aku sangka cuma pake 1 hall aja.
View dari kursi aku. Oiya, aku seneng deh dapet row paling depan, karena kursi di depan aku itu kursi Kategori Gold yang harganya hampir 2x lipat dari Kategori Bronze. Jadi merasa sangat untung.

Ini baru pertama aku nonton di ICE dan pakai 2 Hall dan ternyata lebar banget. FYI panjang kali lebar untuk satu Hall ICE ini 90 m x 54 m. Jadi kalau pake 1 atau 2 Hall, kategori seating gak terlalu berpengaruh karena jarak dari kursi paling belakang ke stage paling belakang sama sama aja.

Tapi menurutku yang dirugikan adalah kategori standing selain diamond, karena jaraknya jadi jauh banget dari stage. Kalau dari foto di atas, kategori yang di sebelah kiri deket tiang adalah Kategori Ruby dan Platinum. Kemarin bahkan denger cerita ada yang di Kategori Ruby A (kiri) yang agak terhalang sama tiang abu-abu besar itu. Jadi kalaupun gak bisa lihat member dan mau lihat screen, harus lihat screen yang di seberang (sebelah kanan).

Tapi aku gak tau juga sih kenyataannya gimana. Mungkin kalau ada temen-temen yang mau sharing silakan 😇😇😇
View dari kategori seating baris paling belakang.

Selain itu, stagenya besar. Jadi stage ke kategori seating paling belakang gak begitu jauh. Apalagi kalau member ada di extended stage. Wah itu jelas banget keliatan dan gak usah ngeliat ke screen. Bahagianya lagi, mereka sering banget maju ke extended stage itu! Luv banget pokoknya.

Jadi kalau menurut aku, kalau pakai 2 Hall akan jauh lebih setimpal kalau nonton yang seating dan lurus dengan stage dibandingkan harus capek-capek berdiri di sebelah kiri atau kanan stage. Mending enjoy duduk ya kayyyn. Kecuali diamond ya yang bener-bener mengelilingi stage.

Seperti biasa kalau cerita habis konser, aku pasti ngasih tau apa yang aku suka dan gak suka dari konser ini.

💗💗💗💗💗
  1. Stagenya besar jadi deket meskipun dari kategori paling belakang.
  2. Lightingnya superrrr bagus!
  3. Sound BAGUS BANGET. Aku gak ngerti sih kalau sound itu dibawa langsung sama crew YG apa disediakan oleh promotor (IME) karena ini soundnya bagus banget. Kenceng tapi gak pecah. Jernih banget. Meskipun penonton berisik, mereka ngomong apa pun tetep kedengeran dengan jelas.
  4. Mau ngereview antrian, tapi aku gak antri wkwkwk nuker tiket gak antri, masuk concert hall pun gak antri.
💔💔💔💔💔
  1. Pembagian poster chaos banget. Penonton keluar dan staff ngebagiin nyebar gitu aja gak antri gak apa jadi bener-bener rebutan desek-desekan sampe beberapa ada poster yang jatuh dan terinjak-injak. Kan sayang ya.
    Ditambah lagi posternya kegedean plis ini kaya mau presentasi poster penelitian aja.
  2. Gak boleh bawa makanan dan minuman ke concert hall tapi gak disediain minum di dalemnya. Haus mba/mas.

Meskipun di rundown acara ditulis konser dimulai pukul 18.30, tapi ternyata untuk dua hari baik Sabtu maupun Minggu, dua-duanya mulai pukul 18.45 dan selesai sekitar pukul 20.45.

Foto-foto lainnya
Solo Performance Lisa

Deket banget gak sih mau nangis padahal beli paling murah.

View kalau member lagi di stage belakang
Foto bareng member + personel band + blink di akhir konser

Pokoknya aku luv banget deh sama konser kali ini. Kalau aku pribadi sama sekali gak merasa ada hal merugikan yang dilakukan oleh IME. Semuanya keren!

1 comment:

  1. Hai kak, just want to say, thank you for this post! Aku NCTZEN mau beli tiket buat konser di ICE dan aku tau gabakal kuat ama yg namanya desek-desekan jadi pengen beli seating. Ternyata walaupun seating masih keliatan banget ya! Aku jadi ngerasa seneng & pede ama pilihan seating aku, thank you kak!

    ReplyDelete