Tuesday, December 26, 2017

Cabut Gigi Bungsu di RS Santosa Bandung

Aku nulis ini waktu baru aja pulang dari Rumah Sakit Santosa Bandung Jl. Kebon Jati buat cabut gigi bungsu. Aku di sana ke dokter drg. Rachmat Babuta, Sp. BM. Sebenernya dokter ini udah jadi kayak langganan keluarga aku setiap ada masalah sama gigi dan harus dicabut. Tapi, biasanya keluarga aku ke sana selalu pakai asuransi swasta CAR. Tapi karena aku udah lulus kuliah dan dianggap udah bukan tanggungan keluarga lagi, aku dikeluarkan dari peserta asuransi 😓 Jadi untuk kali ini aku bayar pakai biaya sendiri.

Awal cerita, gigi aku yang paling belakang tumbuhnya gak normal. Dia tumbuh tapi menghadap ke pipi. Meskipun begitu, dia sebenernya gak mengganggu gigi yang lain jadi dulu waktu konsultasi ke dokter dibilang gak usah dicabut. Bertahun-tahun kemudian, kayaknya karena letaknya yang ngaco ini dia jadi gak kena setiap sikat gigi. Walhasil gigi bungsu tersebut bolong deh dan sakitnya amit-amit sampai migrain.

Karena aku sehari-hari tinggal dan kerja di Solo, aku periksa kan ke dokter di sana. Aku periksa ke dokter di Solo pakai BPJS. Nah, waktu ke dokter spesialis bedah mulut di salah satu rumah sakit di Solo, dokternya menyarankan untuk mencabut dua gigi, atas bawah (sampai sekarang aku masih gak tau kenapa yang dicabut harus dua) dan dibius total + nginep di rumah sakit 2 hari.

Syok dong!

Cabut gigi doang sampe dirawat inap? Tapi tindakannya gak bisa dilakukan saat itu juga. Karena aku pasien BPJS, jadi harus nunggu antri kamar kosong. Sampai saat ini (+/- 2 Bulan) belum dipanggil-panggil 😀 Kebayang kan menderitanya gimana sakit gigi tiap malem dan sampai sering migrain.

Pertengahan Desember, aku bilang ke orang tua aku di Bandung,  kalau aku mau cabut gigi di Bandung aja karena gak kuat kalau harus nunggu rumah sakit di sini gak gak jelas jadwalnya kapan, sekalian libur akhir tahun juga. Resikonya, aku gak bisa pakai BPJS dan harus bayar sendiri.

Setelah cari-cari mulai dari RSGM, RSKGM, klinik bersama, dan rumah sakit serta menimbang segala sesuatunya, akhirnya aku memutuskan untuk ke RS Santosa yang ada di Jl. Kebon Jati. Alasannya? Karena udah biasa ke sana.

Dokternya praktek setiap hari jam 10.00 - 13.00, aku udah daftar dulu sih sebelumnya di hari yang sama via telepon jam 08.00 dan dapat antrian nomor 7.

Jam 10.15 aku sampai dan sekitar 10.30 nama aku dipanggil.

Tegang

Pas udah di dalem ruangan, dokternya bener-bener gak pake basa basi banget!

"Ini dok, gigi bungsu saya tumbuhnya gak bener, terus jadi bolong. Saya udah konsul sih ke dokter bedah mulut di Solo, terus katanya yg dicabut harus dua dan dibius total" aku ngomong gitu sambil ngeliatin hasil rontgen yang sengaja aku bawa dari Solo

Terus dokternya jawab, "ah ngapain dibius total. ini mah dicabut satu aja biasa"

Habis ngomong gitu tiba-tiba dokter dan susternya mulai kordinasi nyebut nyebut nomor gigi dan baru aja aku bertanya dalam hati, "lah ini dicabutnya sekarang?" tiba-tiba susternya udah nyerahin suntikan yang isinya obat bius ke dokternya, di depan muka aku.


Panik dong!

Sampe diomelin berkali-kali karena aku tegang banget dan ngerengek-ngerengek "Tenang aja Nis, santai. Kalau tegang malah tambah sakit. Tenang!" enaknya dokter manggil kita dengan nama, bukan mbak/teh/ibu. Beda aja sih ya penerimaannya. Jadi ngerasa deket padahal mah baru ketemu juga satu kali itu aja 😂

Seperti biasa, aku nangis pas disuntik obat biusnya. Sakit banget sih enggak, cuma tegang aja. Tapi ya sakit sih. Habis itu aku nunggu bentar sampai gusi kerasa tebel banget dan nelen ludah pun kerasa susah karena gusi deket tenggorokan mulai kebal.

"Kalau sakit bilang ya nis"

Langsung lah itu dengan sekuat tenaga dokternya mencabut gigi aku. Serem banget bayanginnya tapi sebenernya gak kerasa apa-apa sih. Bener-bener gak kerasa apa-apa! Beberapa detik kemudian dokternya ngomong, "Ih nis liat nih akarnya sampe gini"


Wah, udah beres???


Pas aku liat gigi hasil dicabut, aku gak ngerti sih definisi 'akarnya sampe gini' tuh maksudnya gimana. Yang jelas gigi aku, yang selama ini menyebabkan migrain udah keluar tuh dari gusi.

Dijait gak?
ENGGAK!

Jadi aku gak perlu balik lagi untuk cabut jaitan.

Habis itu dokternya kasih arahan buat menggigit kasa sampai nerima obat, habis nerima obat langsung diminum obatnya sekalian ganti kasa. Kasanya kemudian digigit lagi selama 1 jam. Habis itu dilihat, darahnya masih banyak apa enggak. Kalau masih banyak, kumur-kumur pelan pakai air dingin terus lanjut gigit kassanya selama 1 jam lagi. Kalau udah gak banyak udah aja.

Habis aku cabut gigi di sini, kebayang sih kalau di Solo aku sampai harus dibius total dan nginep di rumah sakit selama 2 hari. Sedangkan di sini, 15 menit pun jadi.

Buat harga, sebenernya pas aku lihat nota pembayaran, tindakan pencabutan gigi aku ini termasuk non-operatif.

Administrasi rawat jalan Rp.20.000
Konsultasi dokter spesialis Rp.150.000
Tindakan non-operatif dengan komplikasi Rp.350.000
Obat (asmef, eflagen, & cefadroxil) Rp.40.000
Total Rp. 560.000

Murah banget kalau dibandingkan dengan bayangan aku yang dikira bisa sampai 2-3 juta. Analisis sotoy aku sih mungkin karena gigi aku sebenarnya udah tumbuh / keluar sepenuhnya, jadi gak perlu operasi / ngebedah si gusi untuk mengeluarkan gigi itu. Makanya, jadi kategori non-operatif dan jadi murah.

Enaknya ke dokter Rachmat Babuta ini, dokternya super santai dan gak kaku. Masa waktu aku dibius, aku udah ah uh ah uh nangis dokternya dengan enjoy aja bersenandung lagu entah apa. Mungkin itu dilakukan biar nular ke pasiennya juga kali ya jadi pasiennya ikutan enjoy dan gak tegang.

Recommended deh pokoknya ke sini karena antriannya gak panjang, dokternya baik dan gak judes, penanganan cepat dan gak berbelit-belit. Tapi emang kalau untuk kasus lain, biayanya mungkin berbeda dan pihak rumah sakit tidak bisa memberi kisaran harga karena katanya harga bergantung dari tindakan, kesulitan, dan dokter yang menangani.


24 comments:

  1. Halo. Terima kasih banyak atas informasinya, kalau boleh tahu, nomon telepon utk k dokter giginya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Buat daftar via telepon cukup telepon ke rumah sakitnya dan gak langsung ke dokternya. No tlp RS Santosa: 0224248333. Nanti akan disambungkan ke bagian pendaftaran.

      Delete
  2. Mbaa...beneran ga sakit yaa,sy mo ke dokter maju mundur aja takut sakit,makasih banyak ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit mbak. Hahahaha malah bikin jiper.
      Sakitnya pas dibius (disuntik) aja kok mbak paling 3 detik, udah dibius mah gak kerasa sama sekali meskipun kelihatan darah dimana-mana. Pas selesainya juga (kalo saya) gak kerasa sakit meskipun bius sudah habis. Kayaknya emang karena ditahan sama asmef sebelum biusnya abis.

      Delete
  3. Bener banget mbak, saya cabut atas bawah, cepet banget, dan ga pake bengkak setelahnya, top banget deh dokternya

    ReplyDelete
  4. makasih infonya makasih banyak, otw santosa fix :(

    ReplyDelete
  5. mba kalau biayanya berapa ya mba? kasus mba sama banget yang saya alamin 😢

    ReplyDelete
  6. kalo oprasi gigi bungsu brpa ya kira2, soalnya miring tumbuhnya :(

    ReplyDelete
  7. Ini cabut gigi cpt bgt dan ga sakit sama sekali,, top bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa! Sakit pas disuntiknya doang. Habis itu gak sakit sama sekali, kalau saya sampe rumah juga gak sakit dan gak ada bengkak.

      Delete
  8. Aku juga tadi abis cabut gigi bungsu atas nonjol ke pipi gitu, seharusnya ada 3 gigi bungsu yg dicabut. 1 diatas 2 dibawah, memang dokter ini cepet banget melayani nya tanpa basa basi sama sekali, sampe saya ga sempet bilang kalo masih menyusui. Kebetulan karena pake asuransi jadi dokternya proses dulu buat diagnosa ke asuransi nya plus sekalian obatnya. Kalo aku abis 1.9jt an nih 1 gigi. Tindakan 1.5jt, sisanya biaya administrasi,obat dan konsultasi dokter.

    ReplyDelete
  9. Aku baru aja dicabut gigi bungsunya sama dr. Rahmat, aku heran ternyata ga sakit kayak cerita orang lain pas cabut gigi. Btw aku mampir kesini karena mau cari perawatan sehabis cabut. Jujur dokternya cepet banget ngomongnya apalagi saya gampang lupa jadi pas nemu postingan ini mau bilang makasih, persis banget kayak apa yang dokter bilang buat perawatan setelah cabut.

    ReplyDelete
  10. Untuk harga cabut giginya emang segitu yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat harga sangat bergantung sama kondisi giginya kak. Waktu saya tanya ke bagian informasi, mereka juga gak berani nyebut harga karena gak ada harga pasti.
      Harga yang saya sebutkan di atas itu sesuai dengan kondisi yang saya alami. Kalau beda, harganya pasti beda juga.
      Semoga membantu.

      Delete
  11. Aku baru aja beres cabut gigi bungsu bagian bawah kanan kiri sama drg. Rachmat Babuta, ga pake intro langsung cabut dan orgnya emang oke banget. Tadinya cuma mau konsul ternyata sama dokternya langsung disuruh cabut 2 kanan kiri. Ga sampai 30 menit deh kayaknya langsung beres malah kelamaan ngobrolnya doang kita... hihihihihi... aku 2 gigi itu bayar 2.8jt udah include obat2an selama 3 hari. Sukanya tuh krn dia ga lebay ngasih obat-obatan... biaya konsulnya 150rb biaya oer gigi 1.250.000 obat 150rb. Affordable proce banget dibanding kemarin di RSGM Yarsi Jakarta, per gigi 3,5jt belum sama ongkos konsul dan foto panoramic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung 2 gitu sakit ga mba pas di cabut dan sesudah di cabut nya. Kasus ku seperti si mba

      Delete
  12. Ini kasusnya sma sya sya. Tapi dilihat giginya blm keluar semua, masih kecil keliatannya. Awalnya gk pp. Kesini kesini kalo nguap sakit ke Pipi. Terus Pipi kanan tuh kaya kegores2 jdi sakit. Pdhal mau bgt di benerin tapi takut

    ReplyDelete
  13. Mba mau nanya kalau berdarah terus selama 3 jam apa ga bahaya?

    ReplyDelete
  14. Sy pernah cabut gigi sama beliau pokoknya top bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis brpa kak, sma beliau?? Sya juga ada rencana buat cabut gigi

      Delete